Artikel Keindahan Alam

   Keindahan merupakan sifat dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek, atau gagasan, yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan, bermakna, atau kepuasan. Keindahan dalam arti luasa mengandung pengertian ide kebaikan. Plato menjelaskan bahwa watak yang indah dan hukum yang indah, sedangkan Aristoteles mengartikan keindahan sebagai sesuatu yang baik dan juga menyenangkan dengan meliputi keindahan seni, keindahan alam, keindahan moral dan lain sebagainya.
   Dalam arti terbatas keindahan hanya menyangkut benda-benda yang dapat diserap dengan penglihatan, yakni berupa keindahan bentuk dan warna. Keindahan tersusun atas berbagai keselarasan dan kebalikan dari garis, warna, bentuk, nada, dan kata-kata. Keindahan bisa dikaitkan dengan apa saja, bisa dengan manusia, alam, moral, seni dan lain sebagainya. Di pembahasan kita kali ini akan membahas keindahan tentang alam.
Keindahan alam memang sangat memanjakan mata, keindahannya tidak bisa tertandingi oleh apapun yang dibuat manusia. Namun alam juga harus dijaga agar keindahannya tetap asri. Keindahan alam didunia sangat banyak, mulai dari hutan, pantai, sungai, gunung, persawahan, danau, air terjun, gurung dan lain-lain. Berikut adalah contoh-contoh keindahan alam yang ada di Indonesia maupun di penjuru dunia.
Keindahan Alam di Indonesia

1.      Gunung Rinjani, NTB
Memiliki panorama yang bisa dibilang paling bagus diantara gunung-gunung di Indonesia. Setiap tahunnya (Juni-Agustus) banyak dikunjungi mulai dari penduduk lokal, mahasiswa, dan pecinta alam. Suhu udara rata-rata berkisar 20C sampai 12C. Angin kencang di puncak biasanya terjadi di bulan Agustus.



2.      Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat
Kepulauan Raja Ampat merupakan kepulauan yang berada di barat pulau Papua di provinsi Papua Bara, tepatnya di bagian kepala burung Papua. Kepulauan ini merupakan tujuan penyelam-penyelam yang tertarik akan keindahan-keindahan pemandangan bawah laut.



3.      Gunung Anak Krakatau, Selat Sunda
Setelah letusan dahsyat tahun 1883 dan mengakibatkan Tsunami yang menewaskan sekitar 36.000 jiwa kini Krakatau adalah kepulauan vulkanik yang masih aktif dan berada di Selat Sunda antara pulau Jawa dan pulau Sumatra.




4.      Gunung Bromo, Jawa Timur
Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.




5.      Gunung Kelimutu
Terletak di pulau Flores, provinsi NTT, Indonesia. Lokasi gunung ini tepatnya di desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Gunung ini memiliki 3 buah danau kawah di puncaknya. Danau ini terkenal dengan nama Danau Tiga Warnayang berbeda yaitu, merah, biru dan putih.




6.      Danau Toba, Sumatra Utara
Sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer, danau ini adalah danau vulkanik terbesar didunia. Ditengah danau ini terdapat sebuah pulau yaitu pulau Samosir. Danau ini sejak lama sudah menjadi tujuan wisata banyak orang selain Bukit Lawang dan Nias.



7.      Baluran, Jawa Timur
Baluran adalah Afrikanya Indonesia, Taman Nasional ini merupakan perwakilan ekosistem hutan yang spesifik kering di pulau Jawa, terdiri dari tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungna bawah, hutan rawa dan hutan hujan. Sekitar 40 persen tipe vegetasi savana mendominasi kawasan Taman Nasional Baluran.



Keindahan Alam lainnya yang berada di luar Indonesia juga sangat banyak, dibawah ini beberapa keindahan alam yang terkenal dari berbagai negara:
1.      Great Blue Hole (Belize, Afrika)
Bagian dari sistem terumbu Lighthouse “The Great Blue Hole” terbaring kurang lebih 60 mil dari dataran utama diluar kota Belize ini memiliki ukuran besar, hampir membentuk lubang lingkaran sempurna dengan diameter kurang lebih 0,4 km dan menjadi salah satu tempat penyelaman luar biasa di muka bumi. Didalam lubang ini, air memiliki kedalaman 145 meter dan memberikan warna biru tua yang menyebabkan tempat ini disebut “Blue Hole”



2.      Crystal Cave of the Giants
Ditemukan jauh di dalam penambangan di selatan Chihuahua Mexico, kristal-kristal ini terbentuk pada gua alami yang dibatasi seluruhnya dengan bedrock. Dapat dijumpai kristal-kristal yang sangat panjang, hingga yang setinggi pohon pinus dan pada beberapa keadaan dapat memeiliki warna perak dan emas translucent dengan bentuk yang beragam.



3.      Choclate Hills (Filipina, Asia)
Tersusun oleh sekitar 1268 lembah berbentuk kerucut sempurna dengan ukuran yang seragam pada area lebih dari 50 kilometer persegi, formasi geologi yang tidak umum ini, dinamakan “Chocolate Hills” yang berlokasi di Bohol, Filipina.



Sebenarnya masih banyak lagi keindahan alam didunia ini dan masih banyak pula yang belum ditemukan atau terjamah manusia. Oleh karena itu agar anak cucu kita juga bisa merasakan keindahan alam yang saat ini kita rasakan kita harus menjaga dan merawat alam ini dengan sebaik-baiknya.

sumber : catatanmakalah.blogspot.com/2014/04/keindahan-alam.html



Nama : Aulia Suryani
NPM : 11514839

Comments

Popular Posts