Melepas Putih Abu-Abu



Assalamualaikum Wr. Wb.

Sebenernya sih blogger ini udah lama banget di lepehin, dari jaman nenek moyang naik unta, tapi apa daya baru dikasih kesempatan sekarang buat nulis di blogger kesayangan....

         Yah entahlah barisan huruf huruf ini ada yang baca atau enggak yang penting gue mau curhat sedikit nih tentang pengalaman melepas putih abu-abu dan maaf ya kalo ada kata per kalimat yang agak typo atau memang typo banget, maapin ya gue hanya seorang amatiran yang jauh terhempas angin tak tahu harus bermuara. Tunggu dulu... "melepas putih abu-abu?" sekali lagi kalimat ini tolong dipikir dengan pikiran yang jernih, putih dan bersih yes.

          Gue lupa pastinya tanggal berapa gue resmi udah gak jadi anak SMA. Udah bener-bener lepas sama yang namanya seragam dan teman-temannya termasuk teman-teman gue. Semangat gue tak berarah, tak tau harus kubawa kemana raga ini. Tapi gue masih punya harapan sama kayak sahabat-sahabat gue, sahabat seperjuangan gue. Setelah euforia SNMPTN berakhir, gue sedih banget. Gue sengaja enggak menceritakan kisah gue tentang SNMPTN kali ini karena SNMPTN aja gak menceritakan gue dalam rentetan nama-nama orang yang beruntung yang doi pilih. Huft. Bukannya apa-apa nih mungkin emang bukan rezeki gue kali yes... emang sih emang nilai rapot gue gak setinggi impian dan cita-cita gue tapi itu bukan salah satu indikator suksesnya masuk PTN lewat tuh jalur tapi diliat lagi saingannya yang sampe bejibun begitu! Lihat lagiii!!! Hampir puluhan ribu anak orang main sikut-sikutan saat seleksi. Gue apa? Gue apa dalam sesi pembantaian tersebut? Gue hanya butiran kerikil dalam sebuah milky way atau gue hanyalah setetes teh manis dalam sebuah kolam susu. Persaingan ini kan sangat sulit, ya maklum lah gue agak kalah. Ya kan? Iya dong. Akhirnya dengan sisa-sisa tenaga yang gue miliki dengan kekuatan bulan dan matahari, setiap hari gue harus memiliki kedekatan hubungan emosional dan kekuatan pikiran spiritual dengan GAMA'88. Gue males mendeskripsikan GAMA'88 itu apa, nanti juga lo tau sendiri. Dengan berbekal otak yang limited edition dan hati yang kadang-kadang suka rapuh sendiri dan raga yang suka bingung mau pake baju apa setiap harinya gue selalu memutuskan untuk berangkat ke tempat mulia tersebut. Berangkat dengan wajah biasa aja dengan kendaraan mainstream beroda dua berwarna hitam kelam gue selalu menyusuri jalan aspal berbatu, berlubang, bergelombang, dan harus naik turun bukit, memasuki hutan, menyusuri danau, terjebak dilembah kehidupan. Belum lagi tantangan baru selalu datang tiba-tiba. Pada saat yang sama dan kelas yang sama ada sahabat-sahabat gue yang setia banget dalam perjuangan ini yaitu, Nabila, Anjas, Basori, Rizal, dan Hani daaan banyak lagi. Tapi si Hani my twin udah tumbang duluan sebelum berjibaku dengan soal-soal SBM :( lain lagi sama si Anggun my chairmate udah dipanggil duluan sama rektor UNBRAW jadinya doi gak mengikuti rentetan keluh kesah gue ini.

          Sebenernya gue males banget deh sama yang namanya ngetik, soalnya gue typo banget jadinya gue bete kalo harus mengorbankan jari lentik gue untuk sekedar memencet tombol backspace. Hari-hari yang gue lewati selama belajar di GAMA'88 sangat mengharukan, bukan hanya soal-soal SBMPTN yang susah tapiii ya memang semuanya menjadi sulit. Satu persatu temen-temen gue berkurang, entah mereka males atau mereka kerasa gak bersemangat atau sudah tidak ada kekuatan bulan atau matahari. Hari-hari gue di tempat tersebut sangatlah tak berarti, setiap selesai belajar gue dan Nabila gak bener-bener langsung pulang, kita berdua nge-jones dulu di GAMA sambil curhat atau dicurhatin mbak-mbak atau mas-mas GAMA. Yah itulah rutinitas penting kita. Entah topik apa saja yang udah kita kupas mendalam dari meng-ghibah, ngomongin orang yang bener-bener ada didepan kita sampai ngomongin capres. Semua yang udah kita lakukan bener-bener gak berkah :( Sampai pada akhirnya kita test SBMPTN. Entah kenapa gue cerita cepet banget sampe tiba-tiba udah pelaksanaan SBMPTN aja-_- tapi asliii ini karena gue udah frustasi banget sama yang namanya ngetik. gue udah bener-bener capek harus nge-delete ketikan gue karena typo. Oh please God...peluk akuuu. Pada saat itu gue satu lokasi sama Mili, temen Paskib gue. Gue gak mau nyeritain gimana keadaan gue saat ngerjain soal laknat itu. Yang pasti abis dari lokasi gue speachless sepanjang jalan. Sebenernya gue gak mau nyeritain apa-apa dalam kisah pahit, getir, penuh luka dan sengsara ini tapi yaudahlah gue Cuma pengen sekedar nge-post di blogger gue hahaha. Oke ini gak lucu memang. Lagi-lagi hari demi hari gue jalani dengan berharap gue lolos SBMPTN. Pengumumannya lamaaaa banget, sengaja biar pesertanya tuh jadi kayak ngarep banget gitu. Emang jahat. Oh iya, selama menunggu pengumuman gue juga ikutan SIMAK UI dan STAN, agak begonya gue udah transfer biaya pendaftaran STAN tapi gue gak verifikasi berkas wkwk, ya gue takut aja sama yang namanya ekonomi dan kerabat dekatnya gue bener-bener nyerah sama mereka jadi gue memutuskan untuk gak berangkat ke Bintaro pada saat itu, nanti kalo gue test terus gue lolos gimana? gue bener-bener gak mau. Eh tapi lagian gue kepedean banget sih bakal diterima wkwk. Yang bener-bener serius banget aja gak keterima apa lagi gue yang udah memurkainya dari awal. Eh tapi ngomong-ngomong soal STAN emang bener deh temen gue Anjas doi tuh bener-bener niat mau masuk STAN sampe ikut les khusus masuk STAN yang harus menempuh perjalanan Bekasi-Bintaro begitu, dan kalau soal belajar nih, Albert Einstein, Bill Gates atau Ahmad Dhani aja kalah rajin sama nih orang. Tapi ya tapi...gue gak kuat melanjutkan kisah mengikis hati ini. Maaf ya, semua orang punya jalannya masing-masing dan punya lintasannya masing-masing. Semua orang punya lembaran khusus yang ditulis oleh Yang Maha Adil Allah swt. Kalau mungkin gue menceritakan kisah pahit-pahitnya terus tentang teman-teman seperjuangan gue, mungkin dilain waktu gue akan menceritakan kisah suksesnya mereka J insha Allah. Oke sampe mana tadi??? Tuh kan gue jadi ghibah-in orang. huft. Dan pada akhirnya gue tetep mencoba SIMAK UI. Hahahahaha. Kali ini gue Cuma ikut-ikutan aja dan bener-bener gak punya harapan apa-apa. Secara UI... yang ikutan kan banyak-_- lagi-lagi gue harus jambak-jambakan sama beribu-ribu orang dari Sabang sampai Merauke. Kan aku capek.
Okedehhh gue bener-bener gak sabar sama hasil SBMPTN gue kali ini. Gue sampai beli paket full-service biar bisa buka website via HP dan sekalian update gitu. Detik-detik berlalu menuju website resmi SBMPTN dibuka. Gue panik, deg-degan, keringetan, blingsatan ahhh pokoknya gue beda banget. Mungkin emang udah ada tanda-tanda bahwa gue harus gagal lagi kali yah. Dan akhirnya emang bener, lagi-lagi emang bener. Sampai kapan gue harus menelan ludah dan mengeluarkan tangis saat gue membuka website tersebut? Sampai kapan gue hanya melihat orang-orang update di twitter dengan mengucapkan “Alhamdulillah, gue lolos” “Puji Tuhan!” “Alhamdulillah... UI” “Alhamdulillah... UGM” seketika dunia berhenti berputar.... SAMPAI KAPAAAAN??? Dan akhirnya dengan nekat tanpa otak gue langsung updateAlhamdulillah” doang. Gue udah gak sabar. Dan akhirnya gue bisa update begitu walaupun nyatanya “Astagfirullah” tapi dengan alasan logis kita harus bersyukur dengan semua yang sudah ditakdirkan kaan? Iyah kan? :’). Tanpa gue sangka ada temen gue yang reply : “keterima ul? wah selamat yah!” halah! Bodo amat dah! Gue gak bisa bales apa-apa... dan akhirnya gue hanya bisa tidak melakukan apa-apa. Hati gue tercabik dan tersuir-suir. Perasaan gue kayak botol coca-cola yang di kocok sampai berbusa lalu tutupnya dibuka dengan paksa, meledak. Ya, meledak sampe muncrat. Nurani gue kayak dilindas truk gandeng. Akhirnya gue memutuskan untuk memencet tombol compose tweet dan meluncurkan tweet gue yang berisi dengan : “Jadi gini rasanya” tanpa emot apapun tanpa titik tanpa koma atau tanda seru bahkan tanda tanya, tweet itupun meluncur pasrah seperti tak punya dosa atau masalah. Biarkanlah...

          Ternyata bukan Cuma gue yang merasakan derita nestapa ini, sahabat-sahabat gueee. Ya mereka, yang bahkan gue udah ngepur 10 suara bahwa mereka tuh lolos! Dan ternyata enggak. Goks banget deh, serius.Nabila, Basori, Rizal bahkan Anjas, juga gak ada yang lolos. Aku heran deh, serius. Gue bingung harus apa. Apapun yang gue kerjakan pasti di dasarkan dengan rasa bingung. Pertanyaan yang paling besar yang tengah ada di otak gue adalah.... GUE MAU KULIAH DIMANAAA??? Nah, itu tuh. Sekarang sih gue mikirnya yang penting gue kuliah kayak orang-orang deh. Dan akhirnya, gue menemukan UM UNJ. Yap! Gak salah lagi gue langsung daftar tanpa ba bi bu. Bodo amat dah. Gue ngarep banget sama ini UM. Masalahnya ini pintu terakhir gue buat masuk PTN. Gue pengen banget deh masuk PTN, serius. Saking niatnya sama ini UM, gue langsung nyari buku tentang UM UNJ ini, akhirnya dengan semangat supernya Pak Mario Teguh gue langsung nge-gas motor gue yang mainstream menuju MM, nekat nih gue sendiri. Tapi mas-mas Gramedia menghancurkan hati gue, baru aja dateng dan nyari bukunya gue merasa kebingungan dan gue nanya sama doi katanya bukunya kosong. KOSONG!!! APALAH ARTI NEKAT GUE INI MAS??? APALAH ARTI SEBUAH TOKO BUKU SEGEDE INI HANYA SEONGGOK BUKU UM UNJ AJA KOSONG??? APALAH ARTI DARI TANGISKU YANG SUDAH MENGERING INI MASSSSS??? Tapi sih jujur aja gue gak berani nanya begitu sama mas-masnya, Cuma batin gue yang bergejolak menciptakan banyak tanda tanya tersebut. Akhirnya gue beli novel yang harganya 50 ribu. Pengen nangis. Finally, gue nemu penjual buku UM UNJ ini, doi jualan lewat internet dan gue Cuma kebagian beli e-book-nya aja tapi harganya 50 ribu sama kayak novel yang baru gue beli :( harusnya gue gak beli novel :( APALAH ARTI NOVEL 50 RIBU ITUUU???. Abaikan.

           Dan sampai sekarang gue sedang belajar buat mempersiapkan tonjok-tonjokan nanti di UM UNJ 2014 nih. Semoga aja kali ini gue lolos di universitas yang sering disebut-sebut sama Almarhum Ibu gue. Semoga berkah deh, semoga rezeki anak halal kali ini bener-bener untuk gue dan untuuukkk teman teman gue sekaliaaaan-_- bukan Cuma gue aza nih yang ikutin UM ini. Si Nabila, Mili sama Anggun juga ikutan. Whattt? Apaaa? Anggun? Bukannya doi udah dapet tempat persinggahan yah? Tenanggg... doi ini dengan berat hati melepas UNBRAW dengan alasan-alasan yang gak bisa gue ceritakan. Pokoknya doi tuh jadi sering nangis dan merenungi nasib sampe sampe dia jadi kayak taubatan nasuha. Alhamdulillah yah. Oh yes? Pasti pada mau tau teman-teman gue yang hebat-hebat itu sekarang bermuara dimana ya? *gue ngomong sendiri* nah Si Anjas... sekarang doi kayaknya lagi sibuk nyari PTS nih L tapi sih kayaknya doi fix Trisakti deh jurusan apa gitu udara-udara gitu pengendara angin deh kayaknya sama kayak Avatar the legend of Aang, tapi entahlah. Laluuu, si Rizal bocah ambisius ini, gue gak tau nih anak sekarang gimana terakhir denger kabar sihhh doi gak lolos UM UGM L. Hani, setelah gagal dalam poltekesnya, kayaknya my twin ini mau ngelanjutin di UP deh dan tetep kekeh sama jurusan yang paling doi pengen yaitu fisioterapi tapi kayaknya nih anak bakal serius ngambil farmasi, tapi entahlah. Dan ada Basori... wkwk doi udah nunggu di Gunadarma University nih kebetulan gue juga daftar PTS di sana, duh takuuut :(. Oh iya ada lagi nih temen gue si Komala, si anak gaol bawel yang cerewet banget ini sekarang melanjutkan ke Binus, duh gakuat nanti betapa gaulnya nih anak.Wkwkwk. Sekian dulu cerita gue tentang pahitnya melepas putih Abu-Abu yaa... rasanya campur aduk, gak menentu deh disetiap berganti hari. Rasa kangen pengen ngerasain lagi berangkat pagi-pagi nitip motor diparkiran yang ada tebing curamnya masuk gerbang yang akhir-akhir ini dijagain sama Bu Euis atau Pak Zakaria lalu naik tangga dan menuju kelas tercinta dengan melepas sepatu didepan kelas yang menjadi rutinitas keluarga relevenix, dikelas agenda pagi itu selalu ngerjain PR yang bakal dibahas hari itu juga-_- dan kalo gak ada guru agenda yang gak bakal ngebosenin adalah menggosip atau meng-ghibah atau ngomongin orang pokoknya maaf-maaf aja ya kalau gue, Nabila, Anggun, Hani, Andita, Anjas, atau siapapun yang ada dikelas itu dan melihat ada lingkaran orang-orang kami, waspadalah sesungguhnya kita tengah asyik meng-ghibah. Astagfirullah... Lalu jalan bareng ke masjid untuk sholat dhuha gini gini masih inget sholat kok alhamdulillah, makan cireng dan minum teh susu atau pilihan lain ke kantin beli nasi di teteh terus makan dikelas buat ngeganjel perut sampe sore untuk menghadapi PM intensif buat UN. Dan terlepas dari itu semua, ada tawa dan canda mereka... ya sahabat-sahabat gue yang selalu jadi moodbooster gue selama ini. Tanpa mereka masa putih abu-abu hanyalah seragam yang kaku, diam tanpa cerita. 





          Mungkin kalian yang sudah sejak lama meninggalkan SMA atau baru aja sama kayak gue atau mungkin tahun besok baru mau meninggalkan seragam putih abu-abu yang masih menggantung rapih dilemari yang siap dipakai esok senin :) gue Cuma mau bilang dari pengalaman gue ini yang belum final... “hidup itu gak seindah dan gak semanis impian anak usia 17 tahun” – Gue sendiri. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh............eh iya gimana ya tentang pengumuman SIMAK UI? Hahahahaha udah capek ngetik gagal terus :’)

Comments

Popular Posts